LARUNG SESAJI

Sedekah Bumi Untuk Buang Sial

Agar senantiasa aman dan sejahtera, terlepas dari musibah, Pemerintah Kota Kediri melakukan Larung Sesaji ke Kali Brantas. Itu semua dilaksanakan masih dalam rangkaian Hari Jadi Kota Kediri ke 1127 pada hari Minggu (23/7).

Acara Larung sesaji yang sudah menjadi agenda tahun Pemerintah Kediri tersebut dilaksanakan di Dermaga Joyoboyo Sungai Brantas. Sekitar jam 13.00 siang masyarakat dan tamu undangan sudah memadati dermaga. Sedang segala ugo rampe untuk sesaji yang berupa  Kepala sapi, ayam, itik, bebek dan berbagai macam hasil polowijo serta 50 tumpeng pun sudah dipersiapkan di kantor Kecamatan Mojoroto. Dari Kantor Kecamatan Mojoroto, ubo rampen ditandu dan di usung oleh pasukan jaranan. Sementara untuk menyambut ubo rampe di dermaga digelar tarian ular yang diringi oleh empat orang prajurit dan dilanjutkan peletakan ubo rampe.

Dalam sambutannya Sekkota Kediri,H.M. Zaini mewakili Walikota Kediri, H.A. Maschut mengatakan bahwa Larung Sesaji ini diartikan sebagai sedekah bumi yang tujuannya untuk mendapatkan keselamatan dari Sang Pencipta alam semesta Allah SWT. Dengan acara Larung Sesaji tersebut, tambah Zaini, diharapkan masyarakat Kediri akan terhindar dari segala macam bahaya dan musibah. Sebelum ubo rampe dilarung, terlebih dulu dibacakan doa dan dilanjutkan dengan pelepasan burung merpati yang dilakukan oleh Ibu Walikota Kediri, Sutji Maschut, Sekkota Kediri, Ketua DPRD dan Kapolresta Kediri serta tokoh agama di Kediri. Begitu merpati terbang ke angkasa, pecah pula tepuka tangan para penonton di dermaga.

Segala Ubo Rampe yang sudah dipersiapkan akhirnya dibawa ke tengah sungai dan dilarung di aliran kali. Puluhan warga yang telah berenang ke tengah sungai pun dengan antusias mengejar ubo rampe yang dilarung dengan antusias. Selesai acara, para pejabat dan masyarakat bersama-sama ‘kembul bujono’ tumpeng yang masih tersisa. (rat/hni)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: